Rabu, 05 September 2012

Pengertian Imitasi, Identifikasi, Sugesti, Simpati dan Empati


Imitasi yaitu proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru orang lain, baik sikappenampilan, gaya hidupnya, bahkan apa-apayang dimilikinya. Imitasi pertama muncul di lingkungan keluarga,kemudian lingkungan tetangga dan lingkungan masyarakat.

identifikasi adalah upaya yang dilakukan seorang individu untuk menjadi sama (identik) dengan individu lain yang di tirunya. Proses identifikasi tidak hanya terjadi melalui proses peniruan pola perilaku sajatetapi juga melalui proses kejiwaan yang sangat mendalam.

Sugesti adalah rangsangan, pengaruh, stimulus yang diberikan seorang individu kepada individu lain yang sehingga orang yang diberi sugesti menuruti atau melaksanakan tanpa berpikir kritis dan rasional.

Motivasiyaitu rangsangan pengaruh, stimulus yang diberikan seorang individu kepada individu lain,sehingga orang yang diberi motivasi menuruti atau melaksanakan apa yang dimotivasikan secara kritis, rasional dan penuh rasa tanggung jawab. Motivasi biasanya diberikan kepada orang yang memiliki status lebih tinggi dan berwibawa, misalnya dari seorang ayah kepada anaknya, seorang guru dengan muridnya.

Simpati adalah proses kejiwaan, dimana seorang individu merasa tertarik kepada seseorang atau kelompok orang, karena sikapnya, penampilannya, wibawanya atau perbuatannya yang sedemikian rupa.

Empati yaitu mirip dengan simpati, akan tetapitidak semata-mata perasaan kejiwaan saja. Empati dibarengi dengan perasaan organisme tubuh yang sangat intens/dalam.

1 komentar: